Sepak bola bisa dibilang menjadi pertandingan olahraga yang paling menarik untuk diikuti. Terlebih jika dua tim yang bertanding memiliki kekuatan yang berimbang, laga pun dipastikan akan berjalan seru dan menarik. Saking serunya terkadang pemenang pada pertandingan tersebut harus ditentukan melalui drama adu penalti.

Ya, adu tendangan penalti sendiri baru akan dilangsungkan ketika kedua tim bermain dengan skor imbang hingga 90 menit waktu normal ditambah 30 menit extra time. Adu tendangan penalti juga bisa dilangsungkan jika dalam pertandingan dua leg kedua tim memiliki skor imbang secara agregat. Pada umumnya adu tendangan penalti hanya akan dilangsungkan dalam lima kesempatan, namun juga tidak menutup kemungkinan adu tendangan penalti akan terus dilangsungkan jika skor masih berimbang. Berdasarkan catatan setidaknya ada 3 adu tendangan penalti terpanjang dalam sejarah dan bahkan semua pemain turut serta menjadi algojo. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Liverpool vs Middlesbrough (14-13)

Penalti terpanjang pertama terjadi pada laga babak ketiga Piala Liga Inggris (sekarang Carabao Cup) 2014/15 yang mempertemukan antara Liverpool melawan Middlesbrough. Pada pertandingan itu kedua tim hanya mampu bermain imbang 1-1 di waktu normal 90 menit, dan di babak extra time kedua tim sama-sama mampu mencetak 1 gol dan membuat laga berakhir dengan skor imbang 2-2. Pemenang pada pertandingan itu pun harus ditentukan melalui adu tendangan penalti, di mana pada lima kesempatan pertama Raheem Sterling (Liverpool) dan Patrich Bamford (Middlesbrough) sama-sama gagal menjaringkan bola. Adu tendangan penalti pun dilanjutkan hingga semua pemain akhirnya menjadi algojo, dan adu tendangan penalti baru berakhir ketika algojo ke-15 Middlesbrough, Adam Reach gagal menjaringkan bola. Adu tendangan penalti pun berakhir dengan skor 14-13 untuk kemenangan Liverpool.

Brockenhurst vs Andover (15-14)

Sampai saat ini rekor penalti terpanjang di tanah Inggris masih dipegang oleh laga di Hampshire Senior Cup 2013 yang mempertemukan antara Brockenhurst vs Andover. Pada pertandingan itu drama adu tendangan penalti baru berhenti saat algojo ke-30 Andover, Caldio Herbet gagal menjalankan tugasnya dengan sempurna. Brockenhurst pun memenangkan adu penalti dengan skor 15-14.

KK Palace vs Civics (17-16)

Sementara rekor tendangan penalti terpanjang dalam sejarah terjadi pada Namibian Cup Finals 2005 yang mempertemukan antara KK Palace melawan Civics. Kala itu hasil pertandingan harus ditentukan melalui drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 2-2 hingga 2 kali extra time berakhir. Babak adu penalti sendiri berlangsung hingga penendang ke-48, sebelum akhirnya KK Palace berhasil menang dengan skor 17-16.

Bagi kamu yang ingin bermain poker online, langsung saja klik 988Sport.net dan dapatkan kesempatan menang yang lebih besar. Ingat! Kesempatan tidak akan datang dua kali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *